Latest News

Tuesday, July 31, 2012

Film Hollywood yang Ada Unsur Indonesianya

KING KONG (1933 DAN 2005)[/b]


King kong digambarkan sebagai hewan langka dan primitif. Untuk meyakinkan penonton akan hal ini, dipilihlah Pulau Tengkorak yg letaknya di perairan Indonesia. Tujuannya agar tergambar bahwa hewan tersebut berasal dari tempat yg sangat jauh, dan tentu saja, primitif. Sempat juga tergambarkan dalam film kalo kapal laut yg membawa king kong bernama Kapal Soerabaja (red:Surabaya)


Spoiler for 2:
2. JUMANJI (1995)


Film yg dibintangi Robin Williams ini bercerita tentang petualangan ajaib yg dialami para tokohnya lewat perantara sebuah papan permainan. Dalam salah satu adegannya, Williams kembali ke dunia nyata dgn berpakaian compang- camping dan bertingkah layaknya orang sakit jiwa yg akan membuat keributan. Saat hendak ditangkap polisi, Kirsten Dunst berusaha meyakinkan kalau Robin Williams adalah pamannya yang berasal dari Indonesia. Well, rupanya penulis skenario film ini menganggap Indonesia adalah tempat orang² primitif yg senang membuat kerusuhan.


Spoiler for 3:
3. THE ISLAND OF DR. MOREAU (1996)


Film ini bercerita tentang ilmuwan sinting yg terobsesi menggabungkan manusia dan hewan menjadi spesies baru . Untuk menggambarkan keabnormalan si ilmuwan, dipilihlah lokasi ”primitif” di sebuah pulau terpencil di kawasan Indonesia timur. Setting dan kisah film ini sebenarnya tdk perlu ”diambil hati” kalau saja yg membuatnya bukan sutradara kawakan John Frankenheimer yang dikenal lewat Ronin, The Manchurian Candidate, dan sederet film berkualitas lainnya. Satu lagi, dalam versi novel yang ditulis H.G. Wells, kapal yg ada di film ini bernama Ipencacuanha. Di versi film, nama kapalnya berubah menjadi Ombak Penari yg diambil dari kata Wave Dancer. Padahal disesuaikan dengan grammar, seharusnya terjemahannya adalah Penari Ombak.


Spoiler for 4:
4. BATS (1999)


Lagi² Indonesia ”dilibatkan” dalam sebuah eksperimen keblinger . Kelelawar² yg dijadikan bahan percobaan oleh pemerintah dalam film ini berubah menjadi hewan yg beringas dan menyerang penduduk kota. Mau tau dari mana asal kelelawar tersebut? Ya, Indonesia . Bahkan 2 kelelawar yg jadi ”bintang” dalam film ini diambil langsung dari negara kita


Spoiler for 5:
5. ANACONDA 2: THE HUNT FOR THE BLOOD ORCHID (2004)


Sekuel Anaconda ini bercerita tentang serombongan ilmuwan yang melakukan ekspedisi mencari anggrek berdarah , yang dipercaya membuat awet muda. Namun, rombongan ekspedisi justru porak-poranda diserang anaconda ganas yg ternyata telah memakan anggrek tersebut. Untuk membuat adegan itu masuk akal, disebutkan lokasi anggrek berada di pedalaman Kalimantan. Ya, bahkan di era informasi ini sineas Hollywood masih menganggap Indonesia sebagai sarang flora dan fauna tak lazim . Bayangkan, lokasinya di Kalimantan. Tapi, hewan² yg lalu lalang justru dari Amerika Selatan . Buset! Sejak kapan anaconda nongol di Kalimantan? Trus diceritakan menyusuri Sungai Mandranang dari Kota Baru (padahal gak ada sungai Mandranang). Trus, Kota Baru tuh adanya di Pulau Laut Kalsel bukan di Kalimantan daratan. Trus ada lagunya Iwa K di sana yang berjudul Nombok Donk.


Spoiler for 6:
6. SLEEPER CELL (2005-2007)


Serial TV ini bercerita tentang Darwyn Al-Sayeed, seorang muslim Afrika-Amerika yg bekerja sebagai agen FBI. Tugas Darwyn adalah mengusut kasus terorisme yg dilakukan organisasi teroris pimpinan Faris Al-Farik. Diceritakan, dalam episode Target dan Scholar,Darwyn berurusan dengan tokoh mahasiswa Indonesia bernama Eddy Pangetsu (Jeff Mallare). Eddy digambarkan sebagai ahli biologi kimia yg direkrut Faris Al-Farik utk membuat virus anthrax yg disebar di Amerika.

Menariknya, salah satu adegan menggambarkan Faris menuduh Eddy menyelundupkan virus tersebut ke Indonesia utk dikirimkan ke pamannya, seorang gangster lokal. Oke, negara kita kini digambarkan cerdas, tapi gemar berperang . Ironisnya lagi, Sleeper Cell yg punya tagline ”Friends. Neighbours. Husbands. Terrorists” ini ternyata cukup mendapat perhatian di negara asalnya. Buktinya,tahun lalu serial ini dinominasikan Emmy Awards untuk kategori Outstanding Miniseries, serta Golden Globe untuk Best Miniseries. Untunglah, Sleeper Cell tidak menang. Lebih untung lagi, Jeff Mallare si pemeran Eddy Pangetsu juga tidak masuk nominasi.


Spoiler for 7:
7. THE YEAR OF LIVING DANGEROUSLY (1982)


Film yg diperankan oleh Mel Gibson dan Sigourney Weaver ini berkisah tentang seorang wartawan yg dikirim ke Jakarta untuk meliput masa² genting di tahun 1965-1966. Saat itu, Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang mengalami krisis politik dan ekonomi. Tak heran, situasi Jakarta digambarkan sangat kacau, lengkap dengan embel² penduduk yg merana karena kelaparan.
Syutingnya sendiri dilaksanakan di Bangkok, karena tidak diijinkan pemerintah di Jakarta. Akibatnya meski ada beberapa dialog menggunakan Bahasa Indonesia, namun karena aktornya adalah org bangkok, maka ucapannya terdengar aneh di telinga . Adegan yg paling terkenal sewaktu temennya Mel Gibson, Billy Kwan (ni artis cewek cuman di film ini main jadi cowok) ngegantungin spanduk di Hotel Indonesia (ceritanya) dgn tulisan "SOEKARNO, FEED YOUR PEOPLE". Saat Oscar 1982, film ini menang untuk artis terbaik Linda Hunt. Fim ini gak cuman nyebutin indonesia tapi tentang Indonesia. Jadi, dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai negara penuh konflik. (emang bener ya? ups )


Spoiler for 8:
8. SMALLVILLE, Season 2 (2003)


Whitney, pacar Lana, masuk militer dan dikirim ke wilayah yg sedang berkonflik. Di mana? Ya, di Aceh. Saat sedang berpatroli, kendaraan yang membawa Whitney dan peletonnya dibombardir, dihujani ledakan bertubi². Adegannya mirip kondisi perang di Irak.


Spoiler for 9:
9. LETHAL WEAPON 4 (1998)


Dalam salah satu adegannya, Danny Glover memaki² kapal yg ditumpanginya bersama Mel Gibson. Dengan mimik khasnya dia berkata, ”Kapal bodoh ini dibuat oleh seseorang yang berasal dari Indonesia.” Wah…. ngajak perang nih


Spoiler for 10:
10. SWEETEST THING (2002)

Si manis Cameron Diaz juga tdk mau ketinggalan ”menghina” Indonesia . Di salah satu adegan, Diaz yg kewalahan dgn ulah teman²nya yg sering bikin repot, langsung nyerocos dengan santainya, ”Kalian ini bikin kacau saja seperti Indonesia!!”

Waah, kenapa Indonesia selalu digambarkan sebagiai negara yang terpencil, primitif, pembuat kacau, dan penuh konflik ya? Kapan Indonesia dipandang sebagasi negara yang indah, tentram, dan damai? hiks


Spoiler for 11:
11. Eat, Pray, Love (2010)


Eat : Italy
Pray : India
Love : Indonesia
Eat, Pray, Love: One Woman's Search for Everything Across Italy, India and Indonesia adalah memoir karya pengarang Amerika Serikat Elizabeth Gilbert. Memori ini mencatat perjalanan pengarang ke seluruh dunia setelah ia bercerai, dan apa yg ia temukan selama perjalanannya. Pada Maret 2009, buku ini ada dalam New York Times Best Seller list selama 110 minggu
Nah ini bikin ane bangga karena keindahan alam bali diterapkan di film ini..


Spoiler for 12:
12. Looking For Jackie (2009)


Digambarin suasana modern seorang anak dari cina yg tinggal di Indonesia dan sekolah di sekolah khusus anak² cina yg tentunya bahasa pengantarnya juga mandarin tapi di Indonesia. Cita²nya ketemu Jackie Chan di Beijing. Pas ada rencana pulkam ke rumah neneknya di Beijing dia kabur nyari Jackie Chan yg lucunya properti Indonesia-nya cuma bendera di depan rumahnya ama seragam SD yang ada gambar khas di kantong anak² SD. Sisanya ga ada yg indonesia sama sekali.


Spoiler for 13:
13. Krakatoa : The Last Day


Sebuah film tentang Krakatau dan direktu oleh Sam Miller yg di rilis di USA Sebuah doku-drama yg menggambarkan sejarah letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 di indonesia. Gunung berapi ini terletak di selat Sunda di Indonesia dan letusan yang mengakibatkan tsunami, hujan batu bara dan abu, dan berakhir dengan tsunami yang sangat panas. Letusan itu menewaskan lebih dari 36.000 orang dan mereka yang tersisa selamat dengan luka bakar yang sangat parah.




sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15746493

No comments:

Post a Comment