6 Kesalahan Menyusun Rencana Bisnis
Mengumbar informasi yang berlebihan.
Dalam membuat perencanaan bisnis, tentunya tidak perlu setebal buku telfon atau sebagainya. Yang terpenting adalah mencantumkan poin-poin kunci dari rencana bisnis yang akan Anda jalankan, dan menunjukan seberapa besar prospek bisnis yang dimiliki peluang bisnis tersebut di masa-masa yang akan datang. Ingat, tujuan Anda membuat rencana bisnis bukan untuk memperlihatkan seberapa luas pengetahuan Anda.
Analisa keuangan yang kurang realistis.
Apabila poin ini menjadi salah satu elemen penting yang perlu Anda perhatikan dengan cermat dan tepat. Buatlah detail keuangan yang masuk akal, dan sesuai dengan kondisi pasar di sekitar Anda. Jika rencana keuangan yang Anda buat terlalu agresif dan kurang konsisten terhadap pertumbuhan industri yang ada, tidak menutup kemungkinan bila perhitungan Anda pun dipertanyakan tingkat keseriusannya.
Memiliki target pasar yang masih samar.
Selain aspek keuangan, rencana pemasaran juga menjadi kunci sukses sebuah usaha. Dalam hal ini, Anda harus jeli membidik pangsa pasar dan berusaha memenuhi kebutuhan konsumen untuk menciptakan sebuah peluang. Namun sayangnya, belum semua pelaku usaha membidik konsumennya dengan tepat, sehingga tidak heran bila ada sebagian pengusaha yang masih kebingungan menemukan konsumen potensial bagi perusahaannya.
Rendahnya analisa persaingan.
Sebagai seorang pelaku usaha, tentunya Anda tidak hanya dituntut untuk memperhatikan faktor internal (dalam) saja, tetapi juga memperhatikan faktor eksternal yang cukup mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepannya. Contohnya saja seperti memperhatikan bagaimana persaingan bisnis di sekitar Anda dan bagaimana rencana Anda untuk bersaing dengan mereka. Karena itu dalam membuat perencanaan bisnis, kenali siapa saja kompetitor Anda dan pahami strategi bisnis mereka, serta cari tahu pula apa keunggulan dan kelemahan yang mereka miliki.
Riset yang kurang optimal.
Agar bisa memulai usahanya lebih cepat, tak jarang para pelaku usaha mengabaikan riset pasar dan tidak meluangkan waktunya untuk memeriksa kembali pernyataan yang mereka tulis di perencanaan bisnis. Kesalahan inilah yang sering dilakukan para pelaku usaha, sehingga pada akhirnya apa yang mereka rencanakan kurang sesuai dengan kondisi pasar yang ada saat ini. Untuk itu, pastikan riset pasar Anda benar-benar akurat, up to date, dan dapat dipertanggungjawabkan kedepannya.
Tidak melakukan apa yang telah direncanakan.
eksekusilah perencanaan-perencanaan anda dengan sebaik mungkin. hal itu lebih baik daripada perencanaan sempurna, tanpa eksekusi.
Post a Comment